INFORMASI :

MAJU BERSAMA MEMBANGUN NEGARA DARI DESA, SELAMAT DATANG DI WEB DESA KALITENGAH GOMBONG KEBUMEN.

PEMDES KALITENGAH PEDULI DAS, KADES DAN PERANGKAT DESA TINJAU AREA MAKAM KARANGJATI

PEMDES KALITENGAH PEDULI DAS, KADES DAN PERANGKAT DESA TINJAU AREA MAKAM KARANGJATI

Memasuki musim penghujan, Pemdes Kalitengah Kecamatan Gombong terus bersiap menghadapinya. Beberapa hari lalu tepatnya 20 Juli 2020, Pemerintah Desa Kalitengah meninjau lokasi Daerah Aliran Sungai (DAS). Hal itu bertujuan untuk meninjau area makam Karangjati yang berpotensi terkena imbas guguran akibat abrasi (pengikisan tanah oleh aliran sungai). Tinjauan dilakukan oleh Kepala Desa Kalitengah Amat Sutoyo, Kadus Karangjati 1 Paino, SE, dan Kadus Pekiringan 2 Jumadi.

Tujuan dari tinjauan itu adalah untuk memastikan dan mencari solusi langkah lanjut agar kemungkinan rusaknya dan terkikisnya daerah aliran sungai yang berbatasan dengan tanah makam. Ini juga bertujuan untuk mengamankan asset desa berupa tanah makam, dan makam-makam yang berdekatan dengan sungai. Terdapat beberapa lokasi gerusan air yang sudah memasuki area makam berkisar 2-3 meter menjorok ke area makam.

Melihat hal itu Kepala Desa Kalitengah Kecamatan Gombong berencana akan mengusulkan kepada BPBD Kabupaten Kebumen untuk mendapat perhatian dan tindaklanjut. Diharapkan warga juga peduli menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah ke aliran sungai, dan segera menginformasikan kepada Pemerintah Desa melalui Kadus atau perangkat desa setempat dalam rangka penanganan awal. Semoga dengan demikian lingkungan akan semakin tertata dan terkondisikan.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter