INFORMASI :

MAJU BERSAMA MEMBANGUN NEGARA DARI DESA, SELAMAT DATANG DI WEB DESA KALITENGAH GOMBONG KEBUMEN.

TINDAKLANJUTI EDARAN BUPATI PEMDES KALITENGAH GOMBONG LAKUKAN GERTAM CABAI CIMPLUK DAN SAYURAN TERONG GELATIK

TINDAKLANJUTI EDARAN BUPATI PEMDES KALITENGAH GOMBONG LAKUKAN GERTAM CABAI CIMPLUK DAN SAYURAN TERONG GELATIK

Kalitengah-Sebagai wujud tindaklanjut dari Edaran Bupati Kebumen Nomor 526/9303 Tentang Gerakan Tanam Cabai dan Sayuran dalam Rangka Pengendalian Inflasi Daerah di Kabupaten Kebumen, Pemerintah Desa Kalitengah melakukan Gerakan Tanam Cabai Cimpluk dan Terong Gelatik. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Jumat (01/03/2024).

Gerakan Tanam (Gertam) dipandu oleh Kepala Desa Amat Sutoyo dan Sekretaris Desa H Iswandi, dan dilaksanakan oleh para perangkat desa secara bersama-sama. Bertempat di Halaman Balai Desa Kalitengah para perangkat berusaha melakukan kegiatan yang diperintahkan Bupati Kebumen. Kepala Desa Kalitengah Amat Sutoyo dalam memandu menyampaikan kegiatan Gertam dilakukan serentak di seluruh Indonesia pada Kamis 29/02/2024. Akan tetapi mengingat pada hari yang sama di desa Kalitengah ada kegiatan pelantikan perangkat desa hasil mutasi maka Gertam baru bisa dilaksanakan satu hari setelahnya. Kegiatan ini bertujuan untuk memasyarakatkan gerakan tanam cabai kepada warga. Apalagi cabai merupakan salah satu komoditas yang kerap berdampak pada terjadinya inflasi setiap tahun, Lanjutnya.

 

Media tanam adalah tanah yang diambil dari tepi sungai kali gombong (pereng kali) yang dicampur dengan sekam abu. Sedangkan sebagai wadahnya adalah botol aqua gallon dengan ukuran besar yang dibentuk menyerupai pot dengan lubang di samping dan bawah. Hasil gertam sudah dikirim ke Pemerintah Kabupaten melalui link :https://bit.ly/gertamcabai2024.

 

Dipilihnya Cabai cimpluk karena cabai yang dihasilkan besar-besar, sedangkan sayuran terong gelatik karena buah yang dihasilkan dapat untuk lalapan atau disayur. Diharapkan dalam 3 bulan kedepan tanaman sudah bisa menghasilkan dengan perawatan yang intensif. Semoga bermanfaat. Aamiin…

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Pemkab Kebumen Raih Penghargaan literasi Nasional dari Nyalanesia
Konsen Beri Perlindungan Terhadap PMI, Pemkab Kebumen Dapat Penghargaan dari Kemenlu
Bupati Kebumen Siap Tindaklanjuti Rekomendasi dari DPRD Atas LKPJ 2023
Pemkab Kebumen Raih Penghargaan BKN  Terkait Pertek Pegawai Pensiun
POPDA Se Karesidenen Kedu Resmi Dibuka di Kebumen, Diikuti 834 Peserta

Arsip Berita

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2