INFORMASI :

MAJU BERSAMA MEMBANGUN NEGARA DARI DESA, SELAMAT DATANG DI WEB DESA KALITENGAH GOMBONG KEBUMEN.

CEGAH DB, DESA KALITENGAH LAKUKAN PSN DI DUA WILAYAH RW 03 DAN 07

CEGAH DB, DESA KALITENGAH LAKUKAN PSN DI DUA WILAYAH RW 03 DAN 07

Maraknya penularan wabah penyakit pada kondisi ekstrim (kadang panas, kadang hujan) secara tiba-tiba di beberapa wilayah di Indonesia masih terjadi. Hal ini memerlukan perhatian dan penanganan yang lebih serius. Karena lambat laun ketika warga masyarakat bersatu padu memerangi penyebaran wabah penyakit tertentu. Terlebih lagi Demam Berdarah.

Hal ini juga dilakukan di Desa Kalitengah Kecamatan Gombong Kabupaten Kebumen. Kemarin, tepatnya Minggu, 22 Maret 2020 warga RW 03 dan Rw 07 bersama-sama melakukan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Hadir dari Pemerintah Desa, Kepala Desa Amat Sutoyo, Kasi Kesejahteraan Adman, Bidan desa Rostika Meitasari, A,Md,Keb, para kader di wilayah setempat dan warga sekitar.

Hadir pula Kapolsek Gombong AKP Tri Warso Nur Wulan, SH, Bhabinkamtibmas ari Polsek Gombong Aipda Tatar Puji Alim, SH, dan Babinsa Koramil Gombong Serka Juni Waskito mendampingi warga dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Menurut Kepala Desa Kalitengah Amat Sutoyo mengatakan bahwa PSN dilaksanakan secara swadaya masyarakat dan kepedulian kader kesehatan. Mengingat beberapa waktu sebelumnya ada warga yang diduga terkena Demam Berdarah (DB) dan meninggal dunia. 

Tetapi pada intinya kegiatan dilaksanakan dengan membersihkan llingkungan, pekarangan rumah dan halaman yang terlalu rungkut (banyak tumbuhan liar tidak terawat). selain itu yang terpenting adalah kesadaran warga akan pentingnya menjaga kesehatan, dengan menguras bak mandi secara rutin, menutup tempat-tempat penampungan air yang terbuka, dan memanfaatkan barang-barang bekas menjadi barang yang lebih berguna dan bernilai ekonomi. Masyarakat juga diminta untuk melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) lanjut Kades Amat Sutoyo

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter