INFORMASI :

MAJU BERSAMA MEMBANGUN NEGARA DARI DESA, SELAMAT DATANG DI WEB DESA KALITENGAH GOMBONG KEBUMEN.

Data Pantauan Corona Desa

Loading..

Arsip Berita

PIK REMAJA DESA KALITENGAH MEMBENTUK GENERASI PENERUS MENATAP MASA DEPAN, REMAJA ADALAH HARAPAN BANGSA

PIK REMAJA DESA KALITENGAH MEMBENTUK GENERASI PENERUS MENATAP MASA DEPAN, REMAJA ADALAH HARAPAN BANGSA

Remaja adalah harapan bangsa. Karena di tangan pemuda-lah nasib masa depan bangsa ini. Bahkan Bung Karno sapaan akrap Presiden ke-1 Republik Indonesia sampai mengatakan “Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia.”  Kutipan pidato Bung Karno tersebut merupakan gambaran betapa dahsyatnya pemuda sebagai agen perubahan. Tentu saja, pemuda yang dimaksud ialah mereka yang berpikiran positif, dan berprestasi dan bertaqwa.

Betapa pentingnya peran remaja, Pemerintah Desa Kalitengah Kecamatan Gombong Kabupaten Kebumen mengadakan kegiatan Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja di Aula Balai Desa Kalitengah Sabtu, (05/11/2022).

Hadir para remaja dari perwakilan masing-masing RT di desa Kalitengah Kecamatan Gombong, para kader kesehatan, Kepala Desa Kalitengah Amat Sutoyo, Ketua TP PKK Titik BT Roto, dan Koordinator PLKB Kecamatan Gombong Diah Mayawati. Yang lebih istimewa dalam pertemuan tersebut adalah hadirnya Duta GENerasi BeREncana (Genre) Kecamatan Gombong Shely Jesica Geraldin.

Kepala Desa Kalitengah dalam sambutannya mengatakan “kehadiran undangan kali ini mencapai 100%. Dari 23 undangan, alhamdulillah hadir semua, dan kader kesehatan  9 orang”. Sebagai narasumber adalah Duta Generasi Berencana (Genre) Kecamatan Gombong Shely Jesica Geraldin dan Koordinator PLKB Kecamatan Gombong Diah Mayawati, lanjut Kepala Desa 2 periode ini. Ketua TP PKK Desa Kalitengah Titik BT Roto selaku Pembina Kader Kesehatan desa dalam kesempatan terpisah menyampaikan, “sasaran utama dari kegiatan ini adalah para generasi muda serta bertujuan memberikan pemahaman kepada para remaja perihal kesehatan reproduksi, pernikahan dini dan sex education”.

Dalam pemaparannya, narasumber pertama Duta Generasi Berencana (Genre) Kecamatan Gombong Shely Jesica Geraldin memberikan pemahaman mengenai apa itu Genre? “ Genre singkatan dari generasi berencana. Artinya adalah remaja dan pemuda yang memiliki pengetahuan, bersikap dan berperilaku sebagai remaja, untuk menyiapkan dan perencanaan yg matang dalam kehidupan berkeluarga. Sedangkan PIK Remaja merupakan “Suatu wadah dlm program Genre yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja/mahasiswaguna memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang kesehatan reproduksi serta kegiatan-kegiatan penunjang lainnya “, ujar mahasiswi UNIMUGO Gombong ini.

Narasumber kedua dari Koordinator Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Kecamatan Gombong Diah Mayawati, “fokus pembahasan dalam PIK Remaja adalah tentang reproduksi kesehatan yakni membekali agar remaja bisa mendapatkan informasi yang benar tentang kesehatan reproduksi yang mereka alami misalnya tentang siklus menstruasi, mimpi basah, tentang berhubungan seksual dan lain sebagainya. Di sini remaja bisa mendapatkan informasi informasi yang benar tentang kesehatan reproduksi yang mereka butuhkan tanpa ada rasa takut atau tanpa ada tekanan.

Selain itu juga dibekali tentang toxic relationship dimana dijelaskan bahwa proses “berpacaran ini sudah tidak bisa lagi dipungkiri dilakukan oleh banyak sekali remaja di lingkungan kita sehingga cara yang benar adalah tidak melarang mereka untuk berpacaran tetapi menuntun mereka untuk bisa berhubungan dengan lawan jenis dengan baik dan tidak melanggar moral hukum maupun moral agama. Biasanya remaja tidak sadar terhadap kekerasan yang dialami. Mereka menganggap kekerasan yang dialami adalah wujud dari cinta, rasakasih sayang, dan rasa cemburu bahkan rasa diperjuangkan, sehingga para remaja tetap memerlukan bimbingan yang berkelanjutan” pungkasnya. Acara sosialisasi diakhiri dengan sesi foto bersama dan yel-yel Genre.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2