INFORMASI :

MAJU BERSAMA MEMBANGUN NEGARA DARI DESA, SELAMAT DATANG DI WEB DESA KALITENGAH GOMBONG KEBUMEN.

Data Pantauan Corona Desa

Loading..

Arsip Berita

TIPS TETAP SEHAT DI USIA LANJUT, LANSIA KALITENGAH IKUTI CEK KESEHATAN GRATIS DI AULA BALAI DESA KALITENGAH

TIPS TETAP SEHAT DI USIA LANJUT, LANSIA KALITENGAH IKUTI CEK KESEHATAN GRATIS DI AULA BALAI DESA KALITENGAH

KALITENGAH -  Banyak jalan menuju Roma. Itulah salah satu ungkapan yang dapat kita ambil pelajaran. Bisa juga ungkapan tersebut dilukiskan sebagai banyak jalan menuju sehat. Hal itu pula yang digencarkan Pemerintah Desa Kalitengah Kecamatan Gombong. Melalui Kegiatan Pos Pelayanan Terpadu Lanjut Usia (Posyandu Lansia) yang diadakan oleh Pemerintah Desa Kalitengah bertempat di aula balai desa Selasa, (01/11/2022).

Dari sekitar 55 peserta lansia yang di undang, hadir dalam acara tersebut sejumlah 47 orang, dan mayoritas perempuan. Peserta paling tua berusia 77 tahun atas nama Surip warga RT 03 RW III dan peserta paling muda berusia 53 tahun atas nama Painem warga RT 01 RW III. Hadir pula peserta laki-laki atas nama Tumino warga RT 01 RW I. Hadir pula Ketua TP PKK Desa Kalitengah Titik BT Roto, Ketua Posyandu Lansia Lies Meidiana beserta anggota, Bidan Desa Rostika Meitasari, tenaga kesehatan Hesti Khoirunisa.

Kegiatan diawali dengan senam sehat lansia dipandu oleh Rustiyani sebagai instruktur senam. Semangat lansia dalam mengikuti senam lansia. Ketua Posyandu lansia Lies Meidiana menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat mengikuti acara dengan tertib. Sedangkan ketua TP PKK Desa Kalitengah Titik BT Roto dalam sambutannya mengatakan Pemerintah desa terus berupaya mengajak warganya hidup sehat dengan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Sementara itu, Bidan Desa Rostika Meitasari dalam pengarahannya menyampaikan tips-tips atau kiat-kiat Lansia tetap sehat diantaranya :

1.       Menjaga pola makan sehat yakni dengan mengonsumsi ikan, buah, dan sayur. Perbanyak minum air putih, dan kurangi the, kopi serta sirop;

2.       Aktiflah bergerak. Bersepeda, jalan, atau olahraga ringan, minimal 30 menit per hari. Baik pagi maupun sore, paling tidak 5 hari dalam seminggu;

3.       Menjaga berat badan tetap ideal, karena terkadang semakin tua semakin bertambah berat badannya;

4.       Cukup istirahat, artinya tidur pada jam yang sama, redupkan lampu, dan kurangi beban fikiran;

5.       Bersosialisasi dengan lingkungan sekitar;

6.       Rajin control kesehatan, dengan cek gula 1 tahun sekali. Atau 6 bulan sekali bagi yang belum terkena gula. Bagi yang sudah terkena gula/penderita maka dapat cek rutin tiap bulan. Rtin pula cek tensi darah dan kondisi badan saat terasa kurang sehat.

 

Lebih lanjut Bidan Desa Tika panggilan akrapnya mengatakan, Sehat adalah yang paling utama, sehat mahal harganya. Untuk itu kita-kita yang sampai saai ini masih diberikan sehat oleh Alloh SWT untuk bersyukur dan menjaga kesehatan dengan gaya hidup dan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), “pungkasnya.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2