INFORMASI :

MAJU BERSAMA MEMBANGUN NEGARA DARI DESA, SELAMAT DATANG DI WEB DESA KALITENGAH GOMBONG KEBUMEN.

Data Pantauan Corona Desa

Loading..

Arsip Berita

MERIAHKAN TAHUN BARU ISLAM 1444 H, PEMDES KALITENGAH IKUT PAWAI TA'ARUF BERSAMA JAMAAH MASJID DAN MUSHOLLA

MERIAHKAN TAHUN BARU ISLAM 1444 H, PEMDES KALITENGAH IKUT PAWAI TA'ARUF BERSAMA JAMAAH MASJID DAN MUSHOLLA

KALITENGAH, Menyambut hadirnya Tahun Baru dapat dilakukan dengan berbagai cara. Sebagaimana Ta'mir Masjid Al Mubarokah Desa Kalitengah yang merupakan Masjid Desa senantiasa berupaya menyatukan jamaah se-desa Kalitengah. Tepatnya hari Sabtu tanggal 30 Juli 2022  Pemerintah Desa Kalitengah Kecamatan Gombong bersama-sama dengan Ta'mir Masjid Jami' Al Mubarokah mengadakan Pawai ta'aruf menyambut datangnya Tahun Baru Islam 1444 H/2022 M. 

Acara ini diikuti oleh seluruh Masjid dan Musholla di Desa Kalitengah dan lembaga kelompok kesenian maupun masyarakat umum dan jamaah pengajian pada masjid/musholla masing-masing. Terdata ribuan peserta antusias mengikuti kegiatan tersebut. dari data yang ada tercatat lebih kurang 1.467 peserta yang ikut meramaikan. Kenyataan di lapangan jumlah jauh lebih banyak, dan ini menunjukkan semangat warga desa Kalitengah dalam ikut mensyiarkan Tahun Baru Islam.

Menurut Ketua Ta'mir Masjid Jami' Al Mubarokah Desa Kalitengah H. A Salimun, S.Ag mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun dengan tujuan :

  1. Untuk memperkenalkan Tahun Baru Hijriyah kepada masyarakat Kalitengah dan seluruh warga pada umumnya;
  2. Untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan;
  3. Meningkatkan iman dan taqwa

Selain itu masih kata Ketua Ta'mir majid Al Mubarokah bahwa Pemerintah Desa Kalitengah selalu mendukung setiap kegiatan keagamaan di desa Kalitengah. Hal itu salah satunya adalah bertujuan untuk melaksanakan visi dan misi Kepala Desa.

Pawai Ta'aruf diberangkatkan dari halaman masjid Al Mubarokah oleh Kepala Desa Kalitengah didampingi para Ketua Ta;mir Masjid dan Musholla. Aparat Kepolisian dari Polsek Gombong turut serta mengamankan dan memfasilitasi pelaksanaan kegiatan tersebut.

Berbagai macam tampilan, mulai dari sepeda hias, motor hias, viar hias, becak hias, mobil hias, truck hias, kereta mini (odong-odong) dan lain sebagainya hadir dalam kegiatan ini. Adapun rute memang sedikit agak jauh yakni melintasi Start dari masjid Al Mubarokah-perempatan Kalitengah - Gunungmujil-Gumawang-Madureso-Gandusari-Ori-Kemukus-Bendungan dan kembali finish di Masjid Al Mubarokah

Sedangkan Kepala Desa Kalitengah Amat Sutoyo mengapresiasi kegiatan Pawai ta'aruf tersebut dan mendukung penuh kegiatan yang melibatkan masyarakat kebersamaan dan kegotong-royongan. Sebagai bentuk dukungan, Pemerintah Desa Kalitengah ikut berpartisipasi dan mengirimkan personelnya untuk ikut dalam menyemarakan pawai ta'aruf tersebut. Meski hanya dengan viar hias bersama perangkat desa Kalitengah ikut mengawal dan memastikan kegiatan tersebut berjalan lancar,  ungkap Kades dari RW 7 tersebut. 

Setelah sampai depan masjid Al Mubarokah maka seluruh peserta dapat menikmati konsumsi berupa makan siang lauk daging kambing yang disiapkan oleh panitia/ta'mir masjid. Adapun Kambing yang disembelih berjumlah 10 (sepuluh) ekor sebagaimana data yang kami terima. dan jumlah tersebut bisa saj bertambah karena warga Kalitengah sudah mulai tumbuh dalam melaksanakan perintah agama islam, pungkas kades dua periode.

Semoga Desa Kalitengah selalu dalam keadaan aman dan melangkah maju. 

Aamiin...

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2