INFORMASI :

MAJU BERSAMA MEMBANGUN NEGARA DARI DESA, SELAMAT DATANG DI WEB DESA KALITENGAH GOMBONG KEBUMEN.

KEGIATAN SOSIOMEDIS RSUD DR. SOEDIRMAN DI DESA KALITENGAH KECAMATAN GOMBONG, WARGA ANTUSIAS MENGIKUTI

KEGIATAN SOSIOMEDIS RSUD DR. SOEDIRMAN DI DESA KALITENGAH KECAMATAN GOMBONG, WARGA ANTUSIAS MENGIKUTI

Kalitengah- Pemerintah Desa Kalitengah Rabu, 27 Oktober 2021 mendapatkan kehormatan menjadi tempat pelaksanaan Kegiatan Sosiomedis oleh Tim dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) DR. Soedirman Kebumen. Hal ini adalah kali pertama dilaksanakan di Desa yang dipimpin oleh Kepala Desa Amat Sutoyo. Karena Desa Kalitengah merupakan satu diantara ratusan desa/kelurahan di Kabupaten Kebumen yang menjadi Desa Binaan RSUD DR. Soedirman dalam bidang peningkatan kesehatan reproduksi kewanitaan khususnya remaja dan warga desa Kalitengah yang telah menikah.

Hadir dalam kegiatan tersebut Tim Pelaksana Kegiatan Sosiomedis Kasi Keperawatan Saptono, S.Kep.NS., MM, Kasi Medis dr. Teguh Riyanto, MM, Kasi Tata Usaha Indri Yulianto, SE., M.Ec.Dev, Dokter Spesialis Kandungan dr. Sunardi, Sp.Og, dan anggota Tim yang terdiri dari para bidan, perawat dan tenaga teknis pendukung lainnya. Hadir pula dari Kecamatan Gombong Kasi Pelum Kesos Y. Eko Supriyanto, S.Sos, dan kasi Trantib Saban. Sedangkan dari Pemerintah Desa Hadir Kepala Desa dan perangkatnya.

Para peserta kegiatan terdiri dari para remaja, pasangan muda, dan wanita yang telah menikah berjumlah 50 orang dengan rincian 25 orang adalah remaja, dan 25 adalah wanita peserta Pap Smears. Kegiatan tersebut meliputi :

1.   Sosialisasi dan Edukasi Masyarakat Tentang :

a.    Deteksi Dini Kanker Leher Rahim

b.    Pola Hidup Bersih dan Sehat di Era Pandemi Covid-19

2.   Pemeriksaan Pap Smears

Sosialisasi dan Edukasi masyarakat diikuti oleh 50 orang dan peserta antusias serta semangat mengikuti dan banyak yang mengajukan pertanyaan seputar kesehatan. Setelah kegiatan sosialisasi dan edukasi selesai dilaksanakan dilanjutkan  dengan Pemeriksaan Pap Smears. Perlu dipahami bersama bahwa Pap Smears, juga bisa disebut Tes Pap, adalah prosedur skrining untuk kanker serviks. Tes ini mendeteksi kehadiran sel prakanker atau kanker di serviks. Serviks adalah bukaan di rahim yang juga sering disebut mulut rahim.

Kepala Desa Kalitengah Amat Sutoyo menyampaikan bahwa atas nama pemerintah Desa Kalitengah dan masyarakat mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten dan Dinas Kesehatan melalui Tim Pelaksana Kegiatan Sosiomedis hari ini. Terima kasih atas penunjukkan Desa Kalitengah menjadi salah satu desa binaan RSUD DR. Soedirman. Sebagai wujud pembinaan perdana adalah terbukti dengan dilaksanakannya kegiatan ini. Semoga pada waktu yang akan data banyak kegiatan lain yang masuk ke desa Kalitengah khususnya bidang kesehatan ke desa Kalitengah, lanjut Kepala Desa dua periode tersebut.

Sementara dari tim RSUD DR. Soedirman menyampaikan semoga dengan adanya kegiatan Sosiomedis  Ini dapat bermanfaat untuk warga Desa kalitengah khususnya Remaja putri dan ibu-ibu dalam menjaga kesehatan pada masa sekarang dan yang akan datang. Aamiien…

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter