INFORMASI :

MAJU BERSAMA MEMBANGUN NEGARA DARI DESA, SELAMAT DATANG DI WEB DESA KALITENGAH GOMBONG KEBUMEN.

Data Pantauan Corona Desa

Loading..

Arsip Berita

TANAMKAN PEMAHAMAN HIV/AIDS , PEMDES KALITENGAH ADAKAN SOSIALISASI HIV/AIDS LANJUTAN

TANAMKAN PEMAHAMAN HIV/AIDS , PEMDES KALITENGAH ADAKAN SOSIALISASI HIV/AIDS LANJUTAN

KALITENGAH -  Guna memahamkan warga desa Kalitengah terkait HIV/AIDS, Pemerintah Desa Kalitengah Kecamatan Gombong Kabupaten Kebumen mengadakan kegiatan Sosialisasi HIV/AIDS . kegiatan tersebut dilaksanakan Senin, 31 Oktober 2022 bertepat di Aula Balai desa Kalitengah Kecamatan Gombong.

Dalam kegiatan tersebut hadir perwakilan kader kesehatan, lembaga lembaga kemasyarakatan desa RT dan RW serta warga yang peduli kesehatan di desa Kalitengah. Hadir pula dari Pemerintah Desa yakni Kepala Desa Kalitengah Amat Sutoyo beserta perangkatnya, Ketua WPA Saryono dan anggota Kader Warga Peduli Aids (WPA), serta Narasumber Ani Wijayanti, A.Md.Keb sebagai penyampai materi Sosialisasi HIV/AID dari Peskesmas Gombong II.

Menurut Ketua WPA Desa Kalitengah Saryono menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan awal tentang Apa itu HIV/AIDS, bagaimana cara penularan serta cara pencegahannya. Terkait dengan pengobatan bagi yang telah terjangkit maka tentu hal ini menjadi kewajiban bersama khususnya keluarga dan tim kesehatan terkait.

Sementara itu Kepala Desa Kalitengah Amat Sutoyo, dalam sambutannya mengatakan, warga desa Kalitengah harus terus berupaya untuk sehat. Baik sehat jasmani maupun sehat rohani. Harapannya bagi warga yang hadir untuk dapat menularkan ilmunya kepada lingkungannya, tetangga sekitar, khususnya keluarga sendiri, “lanjutnya”.

Adapun pemaparan materi dari Narasumber Ani Wijayanti, A.Md.Keb memberikan informasi terkait HIV/AIDS. Dikatakannya, orang yang terkena HIV/AIDS mungkin saja terlihat sehat. HIV itu sendiri kepanjangannya adalah Human Immunodeficiency Virus, yakni penyebab AIDS yang dapat melemahkan system kekebalan/perlindungan tubuh, “ papar Ani”. AIDS  atau Acquired Immune Deficiency Syndrome merupakan Kumpulan beberapa gejala penyakit akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh. Bila sistem kekebalan tubuh seseorang sudah menurun, maka tubuh akan mudah terserang penyakit yang berakibat fatal, “ lanjutnya”.

 

Masih dalam pemaparan materi HIV/AIDS oleh Ani, disampaikan bahwa tanda-tanda  dan gejala orang yang diduga terkena HIV/AIDS antara lain :

•       Demam;

•       Pembesaran kelenjar getah bening;

•       Diare berkepanjangan;

•       Pusing/pening;

•       Menurunnya berat badan;

•       Turgor kulit menurun; dan

•       Infeksi jamur, bakteri, virus yang kronis.

 

Hanya melalui test darah / VCT, orang bisa mengetahui dirinya terinfeksi HIV atau tidak, dan di Puskesmas Gombong II mengadakan untuk pemeriksaan tersebut, “ pungkasnya”. Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh pembawa acara sebagai moderator. Warga masyarakat antusias bertanya seputar HIV/AIDS. Kita berharap warga Kalitengah terhindar dari penyakit berbahaua tersebut.  Aamiin…

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2