INFORMASI :

MAJU BERSAMA MEMBANGUN NEGARA DARI DESA, SELAMAT DATANG DI WEB DESA KALITENGAH GOMBONG KEBUMEN.

UPAYA WUJUDKAN KETAHANAN PANGAN, PEMDES LAKUKAN PEMELIHARAAN SALURAN TERSIER SEDERHANA BLOK SIPACAR

UPAYA WUJUDKAN KETAHANAN PANGAN, PEMDES LAKUKAN PEMELIHARAAN SALURAN TERSIER SEDERHANA BLOK SIPACAR

Kalitengah - Pemerintah Desa Kalitengah menjelang akhir tahun anggaran terus berusaha menyerap anggaran untuk pelaksanaan pembangunan. Salah satunya ditunjukkan dengan dilaksanakannya Kegiatan Pemeliharaan Saluran Tersier Sederhana Blok Sipacar yang dilaksanakan mulai 26 September sampai 10 Oktober 2022. Saluran dengan 70 M1 (70 meter lari) ini dikerjakan dengan cara Swakelola yakni menggunakan sistem Padat Karya Tunai (PKT). Adapun anggaran yang digunakan adalah diambilkan dari Dana Desa hasil perubahan APB Desa Tahun Anggaran 2022 sebesar Rp 22.417.000,-.

Pelaksana Kegiatan (PK) Adman mengatakan bahwa para pekerja adalah menggunakan warga desa Kalitengah dengan tota pekerja 10 orang, terdiri dari 2 orang tukang dan 8 pekerja. Lebih lanjut disampaikan untuk pemasangan saluran irigasi ini menggunakan beton bertulang berbentuk U, atau biasa disebut Uditch dengan ukuran panjang 100 cm, lebar 35 cm, dan tinggi 40 cm tutur Perangkat Desa senior ini.

Sementara Kepala Desa Kalitengah Amat Sutoyo mengatakan dengan diperbaikinya saluran tersier ini diharapkan dapan meningkatkan keberhasilan tanam petani, sehingga manghasilkan panen yang optimal. Saluran tersier tersebut lebih kurang diperbaiki sekitar tahun 2013 lalu, ini artinya sudah 9 tahun tidak ada perbaikan. Maka pada perubahan APB Desa tahun anggaran 2022 ini dilakukan perbaikan/pemeliharaan, lanjutnya.

Sebagai informasi bahwa Fungsi utamanya U-Dith adalah untuk saluran drainase. Penggunaannya sangat beragam, mulai dari saluran irigasi, saluran pembuangan air hujan yang mencegah banjir di perkotaan hingga penyaluran air limbah pabrik. Karena fungsinya sebagai saluran air terbuka maka U-Ditch pada sebagian keperluan sering orang beri penutup atau Cover U-dith.

Untuk berbagai proyek drainase atau gorong-gorong, U-Ditch bisa jadi alternative selain cor langsung di tempat menggunakan mal (cetakan). Karena keberadaan U-Ditch ini bisa mencegah adanya banjir akibat tergenang air hujan terlalu lama. Pemasangannya cukup mudah.

Semoga ketahanan pangan khususnya di desa Kalitengah dapat mulai terwudjud dengan diperbaikinya sarana saluran tersier tersebut. Aamiin…

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Pemkab Kebumen Raih Penghargaan BKN  Terkait Pertek Pegawai Pensiun
POPDA Se Karesidenen Kedu Resmi Dibuka di Kebumen, Diikuti 834 Peserta
Pemkab Kebumen Dapat Bantuan Pendidikan Rp38 Miliar
Bupati Apresiasi Tingkat Kelulusan CGP Kebumen Termasuk Paling Tinggi di Jateng
Bupati Kebumen: Semangat Kartini Harus Tetap Menyala Meski Beda Masa

Arsip Berita

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2