INFORMASI :

MAJU BERSAMA MEMBANGUN NEGARA DARI DESA, SELAMAT DATANG DI WEB DESA KALITENGAH GOMBONG KEBUMEN.

Data Pantauan Corona Desa

Loading..

Arsip Berita

PEMDES KALITENGAH GOMBONG GELAR PELATIHAN TANGGAP BENCANA SKALA LOKAL TAHUN 2022, PESERTA PELATIHAN LUAR BISA ANTUSIAS

PEMDES KALITENGAH GOMBONG GELAR PELATIHAN TANGGAP BENCANA SKALA LOKAL TAHUN 2022, PESERTA PELATIHAN LUAR BISA ANTUSIAS

Pemerintah Desa Kalitengah Kecamatan Gombong Sabtu, 16 Juli 2022 menggelar Pelatihan Tanggap Bencana Berskala Lokal. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Balai Desa Kalitengah dan halaman. Salah satu tujuan dari tujuan dilaksanakannya pelatihan tanggap bencana berskala lokal adalah agar warga memahami dan mengerti serta dapat mengatasi bencana yang ada di sekeliling kita. Adapun sasaran dari pelatihan ini antara lain :

1.       Anggota Satlinmas Desa Kalitengah;

2.       Perwakilan dari unsur pendidikan dasar yakni :

          a.       SDN 1 Kalitengah;

          b.      SDN 2 Kalitengah;

          c.       SDN 3 Kalitengah;

          d.      MI Muhammadiyah Kalitengah ;

3.       Kepala Desa beserta seluruh perangkatnya

4.       Ketua TP PKK beserta perwakilan Pokja

5.       Kader Pemberdayaan Masyarakat (KPM)

6.       Pendidik dari TK se-desa Kalitengah

Dari Kecamatan Gombong hadir Camat Gombong Drs. Susilo beserta pendamping desa Irene. Sedangkan sebagai Narasumber dari Tim Urban Search And Resque (USAR) Kecamatan Kuwarasan.

Adapun materi pelatihan antara lain sebagai berikut :

1.       Tanda-tanda alam akan munculnya bencana;

2.       Pertolongan pertama korban

3.       Pemadaman api bahaya api/kebakaran

Camat Gombong Drs. Susilo sebagai pemateri pertama menyampaikan bahwa bencana bisa datang kapan saja, dimana saja dan menimpa siapa saja. Sehingga diperlukan penanganan dan pengetahuan dalam penyelamatan, baik selamat orang yang ditolong maupun orang yang ditolong. Sedangkan dari Tim USAR menyampaikan materi dan diikuti praktik di lapangan, mulai dari melindungi diri saat ada gempa bumi, melindungi anak kecil/bayi saat ada bencana, menolong korban kecelakaan dan mengamankannya, serta memadamkan api kecil dan besar.

Untuk memadamkan api kecil misalnya kompor terbakar, kain terbakar, bisa menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan). Sedangkan api besar dapat dipadamkan oleh tim pemadam kebakaran (Hidrant) yang ada di pinggir-pinggir jalan. Misalnya ada rumah yang kebakaran. Sedangkan untuk kebakaran stop kontak/meteran listrik/kabel maka dapat menggunakan pasir kering/abu kering.

Praktik pemadaman kebakaran dilakukan di depan halaman SDN 3 Kalitengah dengan cara masing-masing peserta pelatihan mengenakan helm keselamatan dan melewati gawang api sembari berlari dan melindingi diri untuk menyelamatkan diri. Selanjutnya perangkat desa dilatih untuk memadamkan api kecil dengan menggunakan APAR dan karung goni yang dibasahi air.

Kesan kesan dari peserta adalah merasa puas dan bermanfaat. Kesan pertama disampaikan oleh perwakilan Linmas Sdr. Ngudimun bahwa dengan pelatihan ini maka menjadi tahu cara mengatasi api. Sedangkan kesan dari perwakilan unsur sekolah diwakili oleh sdr. Edi menyampaikan kesannya bahwa pelatihan ini luar biasa dan besar manfaatnya, sehingga perlu ada keberlanjutan. Sementara perwakilan dari unsur perempuan sdri. Siti Rokhanah menyampaikan bahwa sepertinya pelatihan ini cukup menakutkan karena bermain dengan api, tetapi jka kita tahu caranya maka api akan menjadi sahabat.

Kepala Desa Kalitengah menegaskan bahwa dengan pelatihan tanggap bencana lokal ini minimal menjadi bekal awal warga dalam mengahadapi bencana-bencana kecil yang ada di sekitar lingkungan rumah. Kuncinya tetap tenang tidak panik dan berusaha mencari pertolongan. Selain itu hasil pelatihan ini dapat ditularkan ke warga-warga lainnya dalam kumpulan RT atau pertemuan ibu-ibu di lingkungan pungkasnya.

Semoga kita selalu diberikan keselamatan dan perlindungan-Nya. AAmiin…

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2